31 Maret

Kopi Ternyata Bisa Beri Anda Tidur Siang Paling Berkualitas

Oleh Admin Kategori Tentang Kopi

Liputan6.com, Jakarta Anda tentu sudah tahu bahwa minum kopi bisa mendongkrak kesadaran dan energi. Inilah kenapa Anda sebaiknya tidak minum kopi menjelang waktu tidur.

Namun riset ternyata menemukan, jika Anda mengatur waktunya dengan benar, minum kopi tepat sebelum tidur siang selama 20 menit bisa memberi dongkrakan energi yang mengalahkan tidur siang biasa, atau hanya sekedar minum kopi saja.

Melansir Buzzfeed, Rabu (29/3/2017) sebuah studi menemukan, meminum sekitar 150 mg kafein (atau sekitar satu shot espresso) sebelum tidur selama 15 - 20 menit, mengurangi (dan bahkan menghilangkan) rasa mengantuk pada pengemudi secara lebih efektif dibanding sekedar tidur atau minum kopi saja.

Dalam sebuah studi kecil yang lain, tidur dan kopi ini adalah cara paling efektif di antara lima intervensi yang berbeda sebagai cara untuk mengurangi rasa kantuk dan meningkatkan performa.

Kenapa hal ini bisa bekerja?

Tidur membersihkan otak dari adenosine, sebuah produk hasil dari aktivitas sel otak yang terbangun seharian dan membuat kita merasa mengantuk, D Sanjeev Kothare, profesor ilmu saraf dan direktur program tidur pediatri di NYU Langone Medical Center menyampaikan pada Buzzfeed Health.

Anda merasa lebih segar setelah tidur karena otak telah membersihkan adenosine saat Anda terlelap.

Dan lalu kopi, menurut Kothare, memiliki hubungannya tersendiri dengan adenosine. Kafein--yang terkandung dalam kopi--bersifat berlawanan dengan adenosine. Kafein akan memblok penerimaan adenosine pada otak, setidaknya untuk sementara, sehingga bisa mencegah Anda merasa mengantuk dan lelah.

Jadi, ide di balik tidur siang dengan kopi adalah mengombinasikan sifat pemblokir adenosine dari kopi dengan fungsi pembersihan adenosine yang terjadi saat Anda tidur.

Pada dasarnya, ketika Anda minum kopi, butuh waktu selama 20 menit bagi kafein untuk sampai ke otak dan bekerja, ujar Brian St. Pierre, direktur performa nutrisi di Precision Nutrition.

Ini artinya, jika Anda mengambil power nap 20 menit tepat setelah minum kopi, Anda akan terbangun tepat saat kafein mulai bekerja. Dan karena adenosine telah dibersihkan dari otak, kafein tidak perlu lagi berkompetisi melawan zat tadi untuk diterima di reseptor otak. Inilah yang kemudian menciptakan apa yang disebut oleh Kotrane sebagai dongkrakan ganda atau double boost.

Namun menurut Kotrane, ide di balik tidur siang dengan kopi ini adalah, untuk saat ini, suatu hipotesis dari apa yang kita tahu dari bagaimana otak merespon kafein, tidur, dan adenosine. Dan bukannya hasil dari riset dan observasi sesungguhnya yang dilakukan di laboratorium.

Komentar
    • Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar

Indonesia English